Kerinci

Kades Baru Sungai Deras Diduga Bangun Jembatan Didesa Tetangga

Sergareborn Kab.Kerinci. Hasil penelusuran awak media SERGAPreborn di desa Baru Sungai Deras kec. Air Hangat Timur, pembangunan jembatan menuju kebun masyarakat di bangun di desa tetangga menggunakan anggaran desa Baru Sungai Deras, tepatnya sungai Tuak. Keterangan dari warga desa Baru Sungai Deras dan salah seorang Kades kec. Air Hangat Timur yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa pembangunan jembatan wilayah sungai Tuak bukanlah wilayah desa Baru Sungai Deras.

Konfirmasi dengan Kiarman selaku Kepala Desa Baru Sungai Deras kec.Air Hangat Timur Senin, 8/8/2022, menyangkal semua keterangan yang didapat awak media dan menyampaikan bahwa wilayah sungai Tuak masuk wilayah desa Baru Sungai Deras dan pembangunan tersebut sudah di setujui oleh pendamping desa. Anggaran yang digunakan adalah Dana Desa tahun 2022 namun belum diketahui berapa besaran nya dan pembangunan jembatan belum ada RAB nya karena baru akan dibuat pada anggaran perubahan akhir tahun. Saat ditanya mana berita acara hasil musyawarah desa yang menyetujui pembangunan jembatan sungai Tuak, dijawab Kiarman tidak ada, kami hanya minta pendapat pendamping desa dan kata pendamping desa diperbolehkan.

Eko Sikorman aktivis LSM Fakta angkat bicara, “Untuk membangun suatu pekerjaan konstruksi tentunya RAB harus dibuat terlebih dahulu agar semua terencana dan anggaran yang dipakai tidak terbuang dengan percuma.

Bagaimana seorang kepala desa sebagai pengguna anggaran tidak mengetahui itu dan hanya terpaku pada pendamping desa. Dana Desa sudah ada dalam masing-masing desa, biarlah jadi urusan desa tetangga, masih banyak pembangunan dalam desa Baru Sungai Deras yang harus di bangun.”

“Kami sudah klarifikasi dengan warga sekitar pembangunan jembatan sungai Tuak bahwa wilayah tersebut tidak termasuk dalam wilayah desa Baru Sungai Deras. Sehingga kami menduga terjadi kesengajaan penyimpangan dalam penggunaan Dana Desa untuk kepentingan pribadi Kades dan menguntungkan sekelompok orang serta pembangunan jembatan tersebut tidak diketahui warga desa Baru Sungai Deras karena Kiarman sebagai Kades tidak dapat membuktikan hasil berita acara musyawarah desa yang menyetujui pembangunan jembatan bukan dalam desa mereka.” Tegas Eko Sikorman.

( SERGAPreborn-bers )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button