Kalimantan Tengah

Masyarakat Pondok Damar Tuntut Plasma PT. Mustika Sembuluh I di Dampingi Ratusan Pasukan Merah

Sergapreborn, Sampit – Kalteng Masyarakat Desa Pondok Damar, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng) menuntut realisasi plasma kepada PT Mustika Sembuluh.

Aksi demo masyarakat ini didampingi oleh ratusan pasukan merah di seluruh Kalimantan Tengah.

Masyarakat yang didamoingi oleh ratusan pasukan merah se Kalteng ini, masuk ke areal kantor regional officer PT Mustika Sembuluh melakukan aksi dengan menyerukan tuntutan mereka ysng selama ini tidak pernah ditepati ileh pihak perkebunan.

Kimang Damai, koordinator lapangan aksi massa meminta agar PT Mustika Sembuluh merealisasikan Plasma untuk Koperasi Itah Belum Hapakah, Desa Pondok Damar.

“Kami minta agar PT Mustika Sembuluh memberikan plasma 20 persen kepada masyarakat,” tegas Wakil Ketua DPD TBBR Kalimantan Tengah, Jumat 27 Mei 2022.

Karena sampai saat ini masyarakat menyatakan belum ada menerima plasma dari pihak perusahaan.

Padahal sudah puluhan tahun perusahaan beroperasi mereka tidak menikmati manfaat dari kehadiran perusahaan itu yang selama ini berapa diwilayah Desa Pondok Damar.

Tidak hanya itu massa juga meminta agar kiri dan kanan sawit di jalan masuk Desa Pondok Damar agar dikelola oleh masyarakat.

Dalam aksi itu sempat memanas, pasalnya saat massa akan masuk ke kantor perusahaan mereka dihadang oleh petugas keamanan pada pintu masuk depan pintu gerbang sehingga sejumlah masa merasa geram.

Namun massa tetap bersikukuh masuk hingga akhirnya petugas keamanan berhasil dipukul mundur oleh masa dan massa berkumpul di pintu masuk akhir depan kantor perusahaan.

Tidak hanya melakukan orasi saja mereka juga melakukan berbagai ritual dan kegiatan adat di titik kumpul tersebut, pungkasnya.

(Kr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button