Tasikmalaya

Oknum Rekanan Menyerobot Lahan Warga, Pihak Dinas PUTR Kota Tasikmalaya Terkesan Pembiaran

Sergapreborn Tasikmalaya pembangunan proyek irigasi menjamur hampir disetiap pelosok daerah yang dananya bersumber dari pemerintah baik APBD Daerah /APBD Banprop / maupun pusat , yang inti tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian , dengan membangun dan memperbaiki saluran air , agar supaya pengaturan air dapat meningkatkan penghasilan warga para petani menjadi lebih baik.

Ironisnya kegiatan pembangunan irigasi tersebut malah menimbulkan kerugian bagi warga masyarakat penerima manfaat , pasalnya tanah milik Usup diserobot seluas 50 M, penyerobotan tersebut dilakukan oleh CV. AYZE YEZENIA VASHINE sebagai Rekanan yang mengerjakan pembangunan irigasi tersebut , dengan nomor kontrak 610/2085003/SPK-02.08/SDA titik pekerjaan berlokasi di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, tepatnya d Kp. Depok 2 Ciwaas Kelurahan Sukahurip, tanggal mulai pekerjaan 24 Agustus 2021 dengan sumber anggaran Bantuan Keuangan Propinsi Jawa Barat sebesar Rp. 182.148.000,- ( seratus delapan puluh dua juta seratus empat puluh delapan ribu rupiah) waktu pekerjaan 60 hari kalender , nyatanya menimbulkan masalah dengan adanya warga penerima manfaat lahan miliknya diserobot oknum Rekanan seluas 50 Meter x 1 meter .

Kejadian ini pihak Dinas PUTR dan konsultan perencana terkesan pembiaran, karena setelahnya pihak warga korban penyerobotan lahan mendatangi Dinas PUTR Kota Tasikmalaya yang diterima oleh Kabid SDA (Yd) , kasi pembangunan (Op) dan Kasi perencanaan (Rp) diruang kerjanya Hari Selasa tanggal 25 Januari 2022 pukul 10.00 WIB menyatakan tidak tahu dan permasalahan ini akan secepatnya ditindaklanjuti serta akan melakukan survey ke lokasi langsung bersama-sama pihak rekanan . Tapi sayang sampai saat ini pihak dinas PUTR dan rekanan belum terealisasi dengan berbagai alasan, padahal pihak warga korban setiap saat menanti janji kedatangan mereka untuk memberikan kejelasan dan pertanggungjawaban tidak kunjung tiba .

Lain halnya pihak rekanan ( IG ) yang dihubungi dan dikonfirmasi lewat telpon untuk diminta pertanggungjawabanya malah mengungkapkan “tidak tanggungjawab dan menyuruh untuk dibongkar saja” oleh pihak yang punya lahan.

Ketua RW setempat yang di wawancarai awak media Sabtu 15 Januari 2022 pukul 19.30 dirumah korban , menyampaikan hal tersebut saya hampir tidak tahu , tapi setelah kasus ini mencuat , emang sebelumnya paska kegiatan proyek ini berjalan sudah banyak hal terjadi komplen dari warga masyarakat penerima manfaat, karena banyak tanam tanaman dan tumbuhan yang dibabat habis seperti tanaman singkong dan pohon pisang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu , terang pak RW .

Lain halnya yang disampaikan oleh Ketua ormas Pemuda Pancasila PAC Tamansari Usman Rustandi, intinya pihak rekanan , pihak konsultan dan pihak PUTR dalam hal ini Bidang SDA dan pihak lainnya harus bertanggungjawab penuh kepada Usup sebagai warga korban penyerobotan lahan dengan mengembalikan hak tanah korban atau memberikan ganti rugi yang sesuai. Karena hal ini dapat menjadi preseden jelek kepada pemerintah dan pihak CV , dan mungkin ini sudah menjadi temuan hukum , karena menyangkut penyerobotan atas hak milik orang lain . Ungkap Usman .

Sementara pihak korban sodara Usup yang ditemui awak media dirumahnya langsung mengatakan , bahwa saya awalnya tidak tahu tanahnya diserobot bahkan tidak tahu adanya proyek pekerjaan irigasi karena tidak ada yang berusaha memberi tahu kepada saya, ehh tahu-tahu sudah ada kejadian seperti ini dan lebih kagetnya Tanah hak milik saya sudah berdiri bangunan irigasi dengan lebar 130 cm dan panjang 50 M.
Maka atas kejadian ini saya meminta pertanggungjawaban kepada Pemerintah kota Tasikmalaya dalam hal ini Dinas PUTR dan pihak pemborong . Karena menurut sepengetahuan saya ini sudah menjadi temuan hukum dan bisa menjerat para pihak terkait berurusan dengan penegak hukum . Dan saya akan berusaha mencari keadilan apabila para pihak terkait tidak Bertanggungjawab dan menyelesaikannya serta mem-blacklist CV tersebut.

SN

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button