Cirebon

Program Tabungan Qurban Warga Cibiuk Bersama Ponpes Al-islam Purbawinangun

Cirebon, Sergapreborn

Dalam rangka memperingati pelaksanaan hari raya idul adha atau Qurban, yang jatuh pada hari selasa 20 Juli 2021 pondok pesantren Al-islam cibiuk desa purbawinangun cirebon bersama dkm mesjid manba’ul huda melakukan terobosan baru dengan program qurban dalam setiap tahunnya bersama warga masyarakat.

Bersama dengan pondok pesantren al-islam dan pengurus mesjid manba’ul huda, pada tahun ini membuka kesempatan yang luas bagi para masyarakat atau donatur yang hendak ingin berqurban di cibiuk desa purbawinangun.

Menurut ustad zaki zakaria selaku panitia program peduli qurban, kurban tahun ini sangat berbeda dengan qurban tahun lalu karena serba keterbatasan yang tidak memungkinkan dengan situasi pandemi {Covid-19}.

Menjelang hari raya Idul Adha, masyarakat desa purbawinangun beserta para santri kembali diingatkan agar mematuhi protokol kesehatan, tidak hanya dalam salat berjamaah yang dilakukan di rumah, namun juga saat penyembelihan hewan qurban.

Panitia kurban di masjid manba’ul huda cibiuk purbawinangun, bapak haji wiya mengatakan acara qurban Idul adha tahun ini tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya. Sebab situasinya sedang bertepatan dengan pandemi. Panitia yang terlibatpun harus dalam kondisi sehat. Jadi kalau enggak enak badan, segala macam, enggak boleh ikut dalam kepanitiaan, kata bapak haji wiya.

Dengan adanya tabungan qurban yang di selenggarakan pihak pondok pesantren al-islam beserta dkm mesjid manba’ul huda, disambut dengan sangat antusias oleh warga desa purbawinangun. Program tabungan qurban kali ini menyembelih hewan qurban berupa 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing pada perayaan idul Adha 1442 H-2021M yang jatuh pada hari selasa 20 Juli 2021.

Penyembelihan hewan qurban sebanyak 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing tersebut, dilaksanakan di komplek pesantren pondok pesantren al-islam.

Panitia pondok pesantren al-islam ustad zaki zakaria kepada team media sergap reborn mengatakan bahwa penyembelihan hewan qurban di lingkungan ponpes al-islam merupakan kegiatan rutin yang selalu di laksanakan setiap hari raya idul adha dalam setiap tahunnya.

Meskipun situasi sedang pandemi yang berdampak pada ekonomi masyarakat tandas ustad zaki zakaria, namun semangat para warga berqurban tetap tinggi, Katanya.

{ ade aang kusnadi }

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button