Kalimantan Tengah

Proyek PSR Gusur Tanah Warga Desa Kampung Melayu Resmi Dilaporkan Kepolres Katingan

Sergapreborn -,Katingan-Kalteng

Proyek Peremajaan Sawit Rakyat ( PSR ) Desa Kampung Melayu Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah ( KALTENG ) resmi dilaporkan Kepolres Katingan.

Pasalnya pekerjaan tersebut selain menggusur tanah milik warga juga ada dugaan indikasi pemalsuan tanda tangan yang dilakukan oleh Ketua Kelompok Tani, Melayu Mandiri, Yanto alias Ayus.

Ayus diketahui disitu selain sebagai Ketua Kelompok Tani, juga merangkap sebagai Direktur Commanditataire Venootschap ( CV) Pambelum Katatau, yang mengerjakan proyek tersebut, atas ulah Ketua Kelompok Tani, yang juga merangkap sebagai pemborong pekerjaan itu,telah penggusur lahan milik warga secara membabi buta ,tidak seizin pemiliknya ahirnya tanah milik warga yang ada tanam tumbuhnya habis rata dengan tanah.

Penggusuran dan pengerusakan tanam tumbuh milik warga yang dilakukan oleh Ketua Kelompok Tani, diantaranya
Pohon buah-buahan, Rotan, dan ratusan Pohon Karet, sehingga masyarakat dirugikan hingga ratusan juta rupiah.

” Markasi, yang mewakili masyarakat Desa Kampung Melayu, ketika ditemui wartawan Sergapreborn,Senin , 14/06/2021, sekira pukul 13.00. Wib mengatakan, dugaan pemalsuan tanda tangan sudah kami laporkan secara resmi Kepolres Katingan , tembusan Bupati Katingan, Dinas Pertanian, Polda Kalteng , dan Mabes Polri, Kementrian Pertanian dijakarta, dengan bukti-bukti yang kongkrit, adapun bukti yang kami serahkan kepada Polres Katingan, yang pertama ada puluhan Surat Pernyataan Tanah, ( SPT ) kedua Surat Segel, dan ada beberapa Sertifikat, yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional,( BPN ) justu dari itulah dasar kami berani melaporkan pihak Ketua Kelompok Tani secara resmi kepada pihak yang berwijib agar masalah ini segera diambil tindakan apa bila ada tindakan pelanggaran hukum, dan segera diproses secara hukum yang berlaku, kata Markasi.

“Bukti lainya yang kami lampirkan selain surat menyurat yang memiliki legalitas yang sah juga bukti kegiatan dilapangan saat melakukan penggusuran tanah milik warga.
Pungkasnya.

( Kar )

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button