Kalimantan Tengah

Rumah Warga yang Terdampak Banjir Meluas Hingga 36 Desa

Sergapreborn, Sampit – Kalteng Bencana banjir yang melanda dibeberapa desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, terus meluas.
Desa yang terdampak banjir semakin bertambah hingga menjadi 36 desa.

“Sebelumnya 27 desa, kini jumlah desa yang terdampak mencapai 36 desa,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel, Jumat, 21 Oktober 2022.

Saat ini desa yang direndam banjir tersebut di antaranya.

  1. Kecamatan Mentaya Hulu ada 14 desa, yakni Desa Tangkarobah, Pendadurian, Pahirangan, Baampah, Kawan batu, Tangar, Kelurahan Kuala Kuayan, Tanjung Jariangau, Bawan, Tumbang Sapiri, Pemantang, Satiung, Santilik, dan Pendadurian.
  2. Kecamatan Parenggean ada 5 desa dan 1 kelurahan, yakni Kelurahan Parenggean, Desa Bejarau, Barunang Miri, Kabuau, Tehang, dan Desa Menjalin
  3. Kecamatan Telaga Antang ada 8 desa yaitu, Tumbang Boloi, Tumbang Bajanei, Luwuk Kowan, Rantau Tampang, Mangkup, Rantau Katang, Tumbang Sangai dan Tukang Langit.
  4. Kecamatan Tualan Hulu 1 desa yakni Desa Sebungsu.
  5. Kecamatan Kota Besi 2 desa yaitu Desa Hanjalipan dan Desa Simpur.
  6. Kecamatan Santuai, yakni Desa Penyahuan.
  7. Kecamatan Telawang ada 4 desa, yakni Desa Biru Maju, Desa Tamag Putih, Desa Kenyala, dan Sebabi.

Saat ini ketinggian banjir di sejumlah desa tersebut bervariasi. Ada yang 1 meter, bahkan ada yang 3 meter lebih. Genangan air paling tinggi terjadi di Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi.

Pihaknyapun saat ini terus memantau sejumlah lokasi yang dilanda banjir.

Sejumlah bantuan sembako ke beberapa desa juga telah disalurkan. Baik dari Wakil Bupati Kotim Irawati, dan sejumlah SOPD serta pihak perusahaan lainnya.

(Kr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button