Uncategorized

Terwujud Program Bagja Babareungan Wabup Ciamis Hadiri Launching Demplot Penanaman Jagung Kristal di Kelurahan Sindangrasa

Ciamis Sergap Reborn

1/9/2021
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri launching demplot penanaman jagung kristal di Lokasi Gapoktan Sugih Mukti, Kelurahan Sindangrasa, Kabupaten Ciamis, Rabu (1/9/2021).

Launching tersebut merupakan pelaksanaan inovasi ‘Bagja Babarengan’ yang diinisiasi Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi dan SDM Yadi Tisyadi sebagai realisasi rancangan proyek perubahan PKN Tingkat II Angkatan XI Tahun 2021.

“Atas nama pemerintah Kabupaten CIamis menyampaikan apresiasi atas terlaksananya inovasi ‘Bagja Babarengan’. Mudah-mudahan dapat menjadi inovasi unggulan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai,” kata Wabup Ciamis Yana D Putra saat memberikan sambutan pada Launching demplot penanaman jagung kristal.

Ia menerangkan ditengah pandemi Covid-19 pemerintah dituntut untuk lebih responsif dan bekerja secara efektif dan efisien. Salah satunya dengan melakukan inovasi-inovasi yang langsung berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Kita dalam setiap kegiatan tidak lagi program kegiatan yang dilaksanakan rutinitas setiap tahunnya, tetapi harus berdasarkan pada kebutuhan yang diperlukan masyarakat,” imbuhnya.

Yana pun berpesan melalui pelaksanaan inovasi ‘Bagja Babarengan’ dapat membantu kesejahteraan masyarakat khususnya para penyewa tanah milik pemerintah di Kabupaten Ciamis. Ia pun menyarankan terkait penggunaan aset tanah pemerintah seperti sawah agar diubah menjadi sistem bagi hasil.

“Penggunaan aset pemerintah terutama dalam pertanian seperti penggunaan sawah agar diubah menjadi sistem bagi hasil bukan bentuk bayar sewa agar adil satu sama lain. Karena kondisi pertanian itu berbeda-beda setiap panennya,” paparnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi dan SDM Yadi Tisyadi menjelaskan kegiatan merupakan bentuk inovasi ‘Bagja Babarengan’ sebagai strategi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kolaborasi pemanfaatan sewa aset milik pemerintah Kabupaten Ciamis.

Penanaman demplot jagung kristal dilakukan di lahan sawah seluas 0,28 hektar atau 200 bata yang dikerjasamakan dengan Gapoktan Sugih Mukti di beberapa lokasi berbeda.

Pelaksanaan dan pengelolaan jagung demplot selain kolaborasi BPKD Ciamis, juga dilakukan bersama DKUKMP Ciamis, Disnaker, Dinas Pertanian dan bank bjb yang ikut turut andil dalam kerjasama penanaman jagung kristal.

“Besar harapan kami inovasi ini menjadi role model dalam pendapatan asli daerah.
Khususnya masyarakat Kabupaten Ciamis untuk mewujudkan visi mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua,” ucapnya.
(Lili Romli)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button