Deklarasikan IDM 2021, 48 Desa Di Kabupaten Ciamis Meraih Kategori Desa Mandiri

0
44

Ciamis Sergap Reborn

(24/5/2021)
Pemerintah Kabupaten Ciamis mendeklarasikan Indek Desa Membangun (IDM) tahun 2021. Kegiatan Deklarasi Tersebut dilaksanakan di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Senin (24/5/2021).

Dari hasil penilaian IDM tersebut, ada 48 Desa di Kabupaten Ciamis yang meraih kategori Desa Mandiri.

Diketahui, penilaian tersebut mencakup tiga dimensi pembentuk IDM yakni dimensi lingkungan, dimensi sosial dan dimensi ekonomi. Dimensi lingkungan terdiri dari kualitas lingkungan hidup dan potensi rawan bencana. Dimensi sosial terdiri dari kesehatan, pendidikan, modal sosial dan permukiman.

“Selamat kepada 48 Desa di Kabupaten Ciamis yang telah meraih peringkat Desa mandiri. Mendapat peringkat tersebut tidak mudah karena melalui tahapan dan kriteria dalam meraih desa mandiri,” kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan pada acara Deklarasi IDM tersebut.

Alhamdulillah di Ciamis sudah tidak ada desa dengan kategori tertinggal. Kepada kepala desa agar terus meningkatkan kinerja untuk meningkatkan kategori desanya agar lebih baik lagi,” katanya.

Terima kasih kepada pemprov pusat yang telah membantu 258 desa di Kabupaten Ciamis dengan dana desanya.

Herdiat mengingatkan agar desa memanfaatkan dana tersebut sebaik baiknya. Pemkab Ciamis juga mengadakan pendampingan dana desa yaitu melalui alokasi dana desa.

“Tahun ini Kabupaten Ciamis mengalokasikan ADD sebesar Rp135 Miliar untuk 258 Desa di Kabupaten Ciamis. Dikarenakan penanganan Covid-19 dan refocusing menurun dari tahun sebelumnya Rp144 miliar,” jelasnya.

Ia pun menjanjikan kepada kepala desa yang meraih predikat desa mandiri agar mendapat reward dari Pemkab Ciamis.

“Pada APBD perubahan agar diberikan reward kepada desa yang naik kelas dari desa maju ke mandiri,” ucapnya.

Sementara itu kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Ape Ruswandana menerangkan, tujuan kegiatan IDM disusun untuk membantu pemerintah dalam pengentasan desa tertinggal untuk miskin menuju desa mandiri.

Dari penilaian IDM oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Kabupaten Ciamis meriah peringkat ke-51 dari 430 kabupaten kota se-Indonesia.

Salah satu desa di Kabupaten Ciamis meraih rekor, yaitu Desa Panjalu yang mendapat menempati peringkat ke-5 desa se-Indonesia.

Sementara untuk skor IDM tertinggi di tingkat Kabupaten Ciamis untuk level kecamatan diraih Kecamatan cikoneng, diikuti oleh Kecamatan Ciamis, Kecamatan Cipaku, Kecamatan Cijeungjing dan Kecamatan Kawali.

Untuk level desa 5 peraih skor IDM tertinggi di Kabupaten Ciamis yaitu Desa Panjalu, Pamarican, Cimari, Cikoneng dan Rancah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kaban Wakil Gubernur Jawa Barat, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jabar, Plt Kepala Badan Pengembangan Pembangunan Desa dan Transmigrasi. Unsur Forkopimda Ciamis, serta hadir secara virtual Camat dan Kepala Desa.
(Lili Romli)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here