Tasikmalaya

NAPAK TILAS PENGABDIAN TANPA BATAS FORUM GERAKAN MANONJAYA BERKIPRAH ( FGMB )

Suatu Anugerah yang sangat luar biasa yang Alloh SWT berikan kepada warga Masyarakat Manonjaya

Tasikmalaya – Jawa Barat – Indonesia

dengan lahirnya suatu wadah yang dapat menampung aspirasi seluruh warga masyarakat dalam menyampaikan pendapat , keinginan , ide , gagasan dan kritisi untuk mencapai tujuan bersama dalam menunjang dan mendukung pemerintah dalam mensukseskan pembangunan untuk mencapai tujuan negara dan bangsa mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur dan modern dalam era Milenial Dengan mencetak sumber daya manusia yang berkarakter dan berakhlakulkarimah .

Berdasarkan hasil pemikiran, kajian , latarbelakang pergerakan , history perjuangan , saran dan pendapat para tokoh masyarakat , tokoh agama, tokoh budaya , tokoh sejarah, tokoh pemuda , dan tokoh akademisi Maka lahirlah suatu wadah yang bernama ” Forum Gerakan Manonjaya Berkiprah” ( FGMB ). Legal standing sudah akurat dengan ijin kemenkumham, maka secara Syah dan nyata Forum Gerakan Manonjaya Berkiprah ( FGMB) sudah berbadan hukum .

AD/ART , VISI , MISI dan Tujuannyapun sudah jelas tersirat dalam AD/ART Lembaga ormas FGMB yang dipaparkan dan dijelaskan secara jelas , lugas , mudah dicerna dari pasal ke pasal dan dari ayat ke ayat yang satu sama lainnya saling mengikat dan berhubungan yang tidak dapat dipisahkan .

Visi : HIDUP SEKALI HIDUPLAH YANG BERARTI

Misi :
– mewujudkan insan yang bermanfaat buat dirinya dan orang lain .
– menciptakan Generasi dan masyarakat yang Berakhlakulkarimah
– Mewujudkan kesadaran masyarakat untuk mencintai budaya , melestarikan budaya , menjaga dan menumbuh kembangkan budaya asli lokal dan nasional .
– Mendorong Pemeritah untuk lebih memperhatikan dalam menjaga , merawat , melestarikan dan mempublikasikan cagar budaya dan situs sejarah lokal dan nasional menjadi mendunia.
– Mewujudkan Dunia untuk mengakui dan menghargai Sejarah , dan Budaya yang ada dan berasal lahir di Indonesia .
– menumbuhkembangkan rasa kebangsaan, rasa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi kepada generasi .

Rangkaian kegiatan dan langkah perjuangan pra dan sesudah terbentuk organisasi Forum Gerakan Manonjaya Berkiprah ( FGMB) kaya dengan dokumen sejarah perjuangan forum yang tersimpan dan tertata baik sebagai sejarah perjalanan forum .

Profil ketua umum FGMB USMAN RUSTANDI, S.Pd,. M.Pd Merupakan sosok yang berani , cerdas, tanggungjawab serta Bijaksana Dimata pengurus dan anggotanya, yang selalu mengepankan kehendak dan amanat masyarakat banyak untuk menegakan dan memperjuangkan hak-hak warga masyarakat demi meraih rasa keadilan, kenyamanan dan kesejahteraan yang berazaskan UUD 1945 dan Pancasila.

Sejarah Berdirinya Forum Gerakan Manonjaya Berkiprah ( FGMB ) diawali dari rasa cinta tanah air dan bangsa yang sudah tertanam kuat dihati dan perasaan setiap orang sejak dulu hasil dari tempaan , binaan dan pendidikan dari negara dan pemerintah yang diberikan dan didapat melalui bangku sekolah, bangku kuliah dan bahkan program-program pemerintah melalui lembaga pendidikan formal non formal untuk menumbuhkembangkan dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda.

Maka dari dasar tanggungjawab nurani itulah kami berangkat bergerak pada tanggal 10 Mei 2018 bertepatan dengan tanggal 17 Romadhon Tahun Hijriyah , ketika itu hampir seluruh perhatian warga masyarakat Manonjaya tertuju pada kondisi Alun-alun Manonjaya yang sedang menangis merintih kesakitan menahan derita luka yang diderita disekujur tubuhnya terkoyak oleh hujaman, timpaan dan ancaman kepunahan.

Keadaan tersebut sontak menggugah perasaan dan perhatian masyarakat untuk melakukan sesuatu hal penting dan secepatnya mengadakan gerakan penyampaian pendapat mempertanyakan kepada para pemangku kebijakan terkait keadaan kondisi Alun-alun Manonjaya yang mendekati kepunahan , karena Alun-alun Manonjaya merupakan salah satu situs sejarah yang perlu dijaga dan dilestarikan seperti halnya Masjid Agung Manonjaya yang sudah tercatat oleh negara sebagai bangunan bersejarah .

Awal pergerakan diprakarsai oleh rekan-rekan alumni 84 SDN 1 Manonjaya yang dimotori oleh Usman Rustandi dengan belanja kain putih sepanjang 100 M dan sejumlah Pilok .
Maka tepat dibulan suci Ramadhan bertepatan dengan nuzulull Qur’an dimulailah kami menorehkan tinta pada kain putih yang panjangnya 100 M dan dipotong menjadi beberapa bagian yang sama panjang , dalam setiap potong memuat redaksi tulisan.( dokumen Terlampir ) .

Langkah pergerakan dan perjuangan dari awal sampai dengan berhasil penuh dengan pengorbanan, pengalaman , pemahaman , penderitaan, kepedihan , benturan , dan fitnah sekalipun diakhiri dengan keberhasilan sesuai tujuan . Dengan mengedapnkan keselamatan untuk semuanya .

Struktur Kepengurusan FGMB :
PEMBINA UTAMA :
BUPATI TASIKMALAYA
PENASEHAT UTAMA :
1. KH.Miftah Farid
2. Prof. dr. H. ABAS
3. KH. Furkon
4. KH. Aceng Mukarom
5. KH. Dedi Khoerudin

KETUA UMUM :
Usman Rustandi, S.Pd,.M.Pd
WAKIL KETUA 1 :
Krisna , S.IP
SEKRETARIS :
Farid Irwandi , S.oS
SEKRETARIS 2 :
Ujang Yayat
BENDAHARA 1 : H. Popo
BENDAHARA 2 : Yudi Safarila, M.M
ADVOKASI HUKUM :
Gangan Nandika, S.H,.M.H

Rangkaian kegiatan pergerakan dari awal sampai saat ini kami selalu dokumentasikan dengan baik sebagai bahan edukasi , kajian dan evaluasi.

Berharap dengan publikasi profil singkat Forum Gerakan Manonjaya Berkiprah ( FGMB) menjadi motivasi organisasi untuk lebih meningkatkan Pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara .

(Team SERGAPreborn)

Sergapreborn

Menegakan Kebenaran Demi Hukum

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button