Kalimantan Tengah

DPRD Kotim Sepakati Hasil Pembahasan Raperda Pengembangan Produk Lokal

Sergapreborn Sampit – Kalteng Sejumlah Fraksi Partai Politik di DPRD Kotawaringin Tinur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng ) menyepakati hasil pembahasan Badan pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kotim terkait Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengembangan sejumlah Produk Lokal.

Namun demikian mereka masih memberikan sejumlah catatan diantaranya seperti Fraksi PKB. Mereka menitikberatkan beberapa hal .

“Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa pada dasarnya setuju dan menerima terhadap laporan hasil rapat kerja badan pembentukan peraturan daerah terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengembangan Produk Unggulan, namun ada beberapa saran atau masukan dari kami Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, terkait rancangan peraturan daerah tersebut, tentang pengembangan produk unggulan tersebut,” tegas Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim M. Abadi .

Di antaranya pemerintah daerah yang berperan sebagai wadah atau tempat di mana bisa menjadi pelindung bagi sumber-sumber komoditi yang ada di Kotawaringin Timur, harus jeli dalam melihat, meninjau hingga mengawal komoditas yang dapat dijadikan produk unggulan daerah itu sendiri.

Karena nantinya produk unggulan daerah tersebut dapat menjadi suatu branding produk khusus bagi Kotawaringin Timur sekaligus juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner khas Kotawaringin Timur.

Kemudian pemerintah daerah dari bidang yang menaungi produk unggulan daerah, harus selalu memantau kesiapan di suatu daerah yang akan dijadikan tempat komoditi atau produk unggulan daerah agar menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Dengan adanya pijakan hukum perda ini harapan mereka kedepannya produk unggulan daerah memang fokus dikelola menjadi salah satu kekayaan daerah khas Kotim.

“Selain itu terpenting perda ini jangan hanya sekadar jadi acuan seperti macan kertas saja nantinya harus komitmen dilaksanakan dengan baik dan benar-benar trnsparan,” pungkasnya.

(Krd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button